Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, 55571 | +6281804263338
Permasalahan Hama Belalang Padi dan Cara Membasminya

Permasalahan Hama Belalang Padi dan Cara Membasminya

Salah satu jenis hama yang merugikan petani adalah belalang padi. Jenis hama tanaman yang satu ini seringkali merusakan tanaman padi dan juga tanaman jagung. Tidak heran jika hama jenis belalang ini menjadi musuh petani.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai belalang kembara, ada baiknya untuk memahami dulu pengertian hama itu sendiri. Hama sendiri adalah hewan yang seringkali merusak dan menghambat pertumbuhan tanaman. Tidak jarang hewan tersebut merugikan para petani karena dapat menurunkan angka produksi padi atau jenis tanaman yang lain.

Apa itu Belalang Padi

Apa itu Belalang Padi

Belalang kembara memiliki nama latin Locusta migratoria. Hewan yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang terdiri dari 3 bagian yakni perut, dada, dan juga kepala. Perutnya bersegmen dan dengan antena di kepalanya. Belalang jenis ini juga memiliki 2 pasang sayap dan dengan kaki sebanyak 3 pasang.

Belalang kembara sendiri memiliki sayap depan yang agak keras dan dengan bentuk sayap belakangnya yang tipis. Panjang tubuh saat dewasa adalah antara 4 sampai dengan 7 cm. Perilaku makan belalang jenis ini biasanya di waktu sore dan juga malam hari sampai pagi hari. jenis belalang ini seringkali mengincar makanan dari jenis famili framineae.

Belalang kembara biasa meletakkan telur yang dihasilkan dalam bentuk paket telur di dalam tanah. Siklus hidup dari hewan yang satu ini rata-rata adalah 76 hari meliputi, stadia telur sekitar 17 hari, stadia nimfa sekitar 38 hari, dan stadia praoviposisi sekitar 21 hari.

Ciri-ciri Tanaman yang Terserang Belalang Padi

Ciri-ciri Tanaman yang Terserang Belalang Padi

Ada beberapa gejala serangan dari belalang kembara pada tanaman. Serangan dari belalang adalah adanya robekan di bagian daun. Pada serangan yang lebih parah, daun hanya tinggal bagian tulang daun saja.

Belalang kembara akan menganggu fungsi fisiologis dari tanaman yang diserang. Kerusakan yang terjadi memberikan pengaruh pada produktivitas tanaman. Jika serangan tidak segera dihentikan, maka kerugian yang semakin besar juga akan bisa terjadi.

Petani sebaiknya selalu mengamati lahan padi ataupun tanaman lainnya secara rutin untuk menghindari serangan belalang yang lebih parah.

Cara Mengatasi dan Menanggulangi Hama Belalang Padi

Cara Mengatasi dan Menanggulangi Hama Belalang Padi

Untuk pengendalian hama yang satu ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya mengenai pengendalian hama berupa belalang ini, anda bisa simak cara yang berikut ini :

  • Pengendalian secara kultur teknis => Cara yang pertama bisa dilakukan dengan melakukan pembajakan lahan. Dengan demikian, telur belalang juga akan terpapar dengan sinar matahari ataupun dimakan oleh predator
  • Memanfaatkan agen pengendali hayati => Langkah lainnya bisa berupa bioinsektisida yang sejenis cendawan patogenik dengan sifat patogen pada hewan serangga. Sebagai contoh adalah cendawan Metarhizium Anisoplae spp dan juga Beauveria Bassiana

Selain dengan menggunakan beberapa cara di atas, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan pestisida. Namun selalu gunakan pestisida kimia secara bijak dan sesuai dengan aturan penanganan belalang padi yang tepat. Karena penggunaan pestisida yang dilakukan secara tidak tepat hingga berlebihan bisa memicu terjadinya kerusakan alam.

Bagi anda yang memiliki minat dalam berinvestasi di bidang pertanian dan agrokompleks bisa segera menghubungi kami. Kami adalah solusi investasi dan agro bisnis dari solusiagro yang siap membantu investasi pertanian yang anda lakukan. Untuk melakukan konsultasi anda bisa hubungi kami melalui kontak yang tersedia. Selalu gunakan kontak yang resmi.

Tinggalkan Balasan

Tutup