Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, 55571 | +6281804263338
Permasalahan Hama Burung Pipit Sawah dan Cara Membasminya

Permasalahan Hama Burung Pipit Sawah dan Cara Membasminya

Burung pipit sawah menjadi salah satu jenis hama tanaman yang mengganggu budidaya pertanian. Apalagi, jika burung tersebut menyerang dalam jumlah banyak, maka tidak heran jika penurunan angka produksi bisa saja terjadi. Hama dari jenis burung yang satu ini seringkali menyerang tanaman padi juga tanaman jagung.

Sebelum membahas secara lebih jauh mengenai jenis hama yang satu ini, tidak ada salahnya jika anda ketahui dulu pengertian hama. Hama sendiri adalah organisme yang mengganggu pertumbuhan tanaman hingga merusaknya. Keberadaan hama sebaiknya segera dibasmi agar penurunan kualitas dan kuantitas hasil panen tidak terjadi.

Apa itu Burung Pipit Sawah

Apa itu Burung Pipit Sawah

Merupakan salah satu jenis burung yang seringkali memakan bulir panen saat hendak panen. Jenis burung yang satu ini memiliki nama latin lonchura leuchogastra atau yang dikenal juga dengan sebutan burung emprit.

Burung emprit atau pipit ini bisa menghabiskan banyak bulir padi dalam waktu singkat, karena yang datang bisa mencapai ratusan hingga ribuan ekor.

Bubut pipit sendiri merupakan jenis burung yang memiliki ukuran kecil dengan paruhnya yang pendek dan runcing. Habitat jenis burung yang satu ini ada di daerah persawahan dan perkebunan karena dekat dengan sumber makanannya. Di kedua lokasi tersebut banyak tersedia biji-bijian yang menjadi makanan favorit burung.

Ciri-ciri Tanaman yang Diserang Burung Pipit Sawah

Ciri-ciri Tanaman yang Diserang Burung Pipit Sawah

Ada beberapa ciri serangan dari burung emprit ini yakni biji yang hampa, bulir padi mengering, serta banyaknya biji yang hilang akibat rontok. Biasanya burung ini akan menghampiri padi sekitar jam 6 sampai dengan jam 10 pagi. Sedangkan di sore hari, mereka seringkali melakukan penyerangan padi antara pukul 2 sampai dengan 4 sore.

Meski seringkali menyerang tanaman secara bergerombol dan sulit dikendalikan, namun bukan berarti tidak ada cara untuk menanggulangi burung pipit ini.

Cara Mengatasi dan Menanggulangi Burung Pipit Sawah

Cara Mengatasi dan Menanggulangi Burung Pipit Sawah

Lantas bagaimana cara menanggulangi jenis hama yang satu ini? Langkah penanggulangan sendiri dilakukan supaya gejala serangan hama tidak semakin parah dan memperbesar tingkat kerugian petani. Untuk lebih jelasnya mengenai cara penanggulangan dari burung pipit, anda bisa simak cara yang berikut ini :

  • Menggunakan orang-orangan sawah => Anda bisa memasang orang-orangan sawah yang dilengkapi dengan kaleng dan juga tali-tali plastik. Anda bisa memasang beberapa orang-orangan sawah sekaligus
  • Membuat kincir angin => Anda bisa juga mengusir burung ini menggunakan kincir angin yang dilengkapi dengan sumber bunyi
  • Menggunakan jaring => Anda juga bisa membentangkan jaring dengan memanfaatkan bambu yang dipasang sebagai tiang. Cara yang satu ini juga cukup banyak dilakukan dan menjadi salah satu cara yang efektif
  • Membuat layangan burung elang => Langkah ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan plastik bekas untuk dibuat layangan atau dengan mainan anak-anak berupa elang
  • Rendaman jengkol => Anda bisa juga menggunakan air rendaman jengkol dengan bau yang menyengat. Burung pipit sendiri tidak menyukai aromanya sehingga akan menjauh

Selain menggunakan cara di atas, cara lain untuk mengatasi hama burung pipit sawah adalah dengan menggunakan plastik mengkilap berukuran panjang. Plastik ini akan memantulkan sinar matahari yang membuat burung pipit silau.

Apakah anda berminat melakukan investasi di bidang pertanian, perkebunan, dan agrokompleks? Jika iya, anda bisa menghubugi kami, solusi investasi dan agro bisnis dari solusiagro. Untuk melakukan konsultasi anda bisa hubungi kami melalui salah satu pilihan kontak yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Tutup