Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, 55571 | +6281804263338
Cara Aman Melakukan Investasi Hanya Pada Sektor Pertanian

Cara Aman Melakukan Investasi Hanya Pada Sektor Pertanian

Investasi pertanian dan perkebunan merupakan salah satu pilihan investasi yang aman untuk dilakukan. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa manusia membutuhkan makanan dan harus dicukupi setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, maka diperlukan produk pangan yang bisa dihasilkan oleh kegiatan bercocok tanam alias bertani.

Pengertian Investasi Pertanian dan Perkebunan

investasi pertanian

Investasi pertanian bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memberikan keuntungan lebih kepada investor. Ada beberapa jenis produk pertanian yang bisa dijadikan sebagai lahan dalam melakukan kegiatan investasi seperti halnya tanaman pangan, peternakan, perkebunan, dan juga hortikultura.

Investasi di bidang pertanian tidak selalu harus menjadi seorang petani, karena ada banyak jenis pekerjaan dan investasi lainnya yang berkaitan dengan teknologi juga ilmu pengetahuan. Tinggal Anda sendirilah yang harus lebih jeli dalam melihat peluang yang ada.

Kelebihan Investasi Pertanian dan Perkebunan

keuntungan investasi pertanian agro solusi

Ada beberapa kelebihan investasi di bidang pertanian dan perkebunan yang bisa didapatkan oleh seorang investor. Kelebihan tersebut juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang ingin terjun di dunia investasi yang satu ini. Adapun beberapa kelebihan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

1. Aman dilakukan

Tingkat keamanan modal dalam melakukan investasi yang satu ini cukup tinggi. Sedangkan risiko yang mungkin terjadi justri rendah, sehingga cukup menguntungkan untuk dijadikan sebagai pilihan investasi. Investasi dalam bidang pertanian juga lebih stabil bahkan saat kondisi ekonomi suatu negara tengah krisis.

Terutama bagi Anda yang yang berinvestasi pada jenis tanaman pangan, olahan produk pangan akan selalu dibutuhkan. Produk pangan menjadi kebutuhan dasar atau utama bagi manusia. Bahkan, manusia bisa menahan diri untuk tidak membeli barang tertentu, namun tidak bisa menahan diri untuk kepentingan makan.

2. Produktif dalam jangka waktu lama

Hal ini tentu berbeda dengan jenis sumber daya alam yang lainnya seperti pertambangan ataupun minyak juga gas. Lahan pertanian yang dikelola dengan baik dan tepat, bisa terbarukan, sehingga bisa tetap produktif dan menghasilkan dalam jangka waktu yang lama.

3. Aman saat inflasi

Lahan pertanian memiliki nilai lahan yang biasanya meningkat secara lebih cepat dibandingkan dengan inflasi. Dengan demikian, investor bisa menjadikannya sebagai pelindung keuangan saat inflasi datang.

4. Keuntungan yang besar

Investasi pertanian dan perkebunan juga mampu menghasilkan total pengembalian yang tinggi. Untuk kisaran keuntungannya, tergantung pada jenis atau bidang investasi pertanian yang Anda lakukan.

Pangan merupakan kebutuhan dasar dan akan selalu ada permintaan terhadapnya. Meski demikian, setiap jenis investasi tentunya ada tantangan yang harus dihadapi.

Di bidang pertanian sendiri ada faktor alam yang menjadi tantangannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena faktor yang satu ini bisa diantisipasi dengan penggunaan teknologi pertanian yang kini semakin canggih. Melalui teknologi yang ada, tantangan tersebut bisa diminimalisir kerugiannya.

Contoh Investasi Pertanian dan Perkebunan

investasi pertanian

Investasi pertanian dan perkebunan merupakan solusi menarik bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan lebih serta bebas finansial di masa depan. Untuk jenis investasinya, ada banyak investasi di bidang pertanian juga perkebunan yang bisa dipilih, seperti yang berikut ini :

  • Penyediaan bibit => Penyedia bertugas dalam menyediakan bibit untuk jenis tanaman pangan yang kemudian didistribusikan kepada para petani. Selanjutnya, petani akan mengembangkan biakan bibit tersebut agar mampu tumbuh dengan baik serta mampu menghasilkan panen yang berlimpah.
  • Menyediakan pupuk => Ada berbagai jenis pupuk yang bisa dijual belikan. Namun, ada baiknya untuk mencari tahu dulu jenis pupuk yang banyak digunakan oleh petani. Karena semakin banyak digunakan, maka semakin tinggi juga kesempatan produk akan dibeli. Potensi investasi ini sangat menguntungkan jika Anda tepat dalam memilih tempat dan pemasaran.
  • Menyediakan alat pertanian => Alat pertanian ada banyak macamnya dan berguna untuk membantu proses bercocok tanam hingga panen serta paska panen. Untuk alat pertanian, Anda butuh dana yang tidak sedikit karena harga setiap alat tidaklah murah.
  • Petani rempah-rempah => Ada banyak rempah-rempah yang bisa dibudidayakan di Indonesia. Tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, rempah-rempah juga bisa di pasarkan di luar negeri sebagai produk ekspor. Cara investasi ini memiliki prosepek yang baik jika memiliki ketersediaan lahan, dan tahu cara bertani rempah-rempah. Ketahui juga kemana Anda akan memasarkan rempah tersebut sebelum melakukan investasi di bidang ini.
  • Penyediaan lahan => Anda bisa menyediakan lahan untuk disewakan kepada para petani untuk diolah. Keuntungan bisa didapatkan dengan cara mendapatkan uang dari sewa lahan atau dengan sistem pembagian keuntungan sata masa panan nanti. Dalam hal ini, Anda tinggal melakukan kesepakatan dengan petani.

Selain berinvestasi di beberapa bidang pertanian di atas, Anda juga bisa melakukan jenis investasi lainnya. Sebagai contoh adalah budidaya tanaman hias yang bisa dikembangkan untuk kemudian dijual.

Pemilihan produk investasi bisa disesuaikan antara bidang pertanian dan perkebunan dengan ketersediaan modal investasi yang ada.

Tips Memulai Investasi Pertanian

tips investasi pertanian

Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memulai investasi di bidang pertanian serta pekerbunan. Beberapa diantaranya adalah seperti yang berikut ini :

Sesuaikan dengan modal

Setiap jenis investasi tentu membutuhkan modal yang berbeda antara satu sama yang lain. Hindari memilih jenis investasi yang membutuhkan dana lebih dari yang Anda miliki. Hindari juga mencari modal investasi dengan melakukan pinjaman di bank. Karena ditakutkan, Anda akan terbebani dengan bunga yang harus dibayarkan ke bank.

Pelajari Untung dan Ruginya

Jangan hanya memikirkan keuntungan saja, namun perlu diketahui juga risiko apa saja yang kemungkinan bisa terjadi. Mengetahui risiko sejak awal membuat Anda bisa melakukan antisipasi sebelum akhirnya yakin terjun di bidang ini. Jika perlu, Anda juga bisa berkonsultasi pada orang yang sudah berpengalaman pada bidang yang ingin Anda tekuni.

Memilih Produk Pertanian dengan Tepat

Ada banyak produk investasi yang bisa dipilih. Ada hortikultura, peternakan, perkebunan, ataupun hortikultura. Sebelum menentukan pilihan, Anda bisa pikirkan dulu siapa nanti mitra taninya dan dimana produk pertanian akan dikembangkan.

Prediksi investasi menghasilkan

Tentukan juga apakah ingin melakukan investasi untuk jangka pendek atau jangka panjang. Dibandingkan dengan yang jangka panjang, investasi jangka pendek memiliki keuntungan yang lebih sedikit, namun dalam jangka waktu yang lebih singkat. Sedangkan jangka panjang, keuntungannya lebih besar namun waktu yang panjang.

Investasi pertanian dan perkebunan merupakan jenis investasi yang cukup menguntungkan. Dalam hal ini, Anda bisa pelajari dulu seluk beluk mengenai investasi pertanian sebelum terjun di dunia investasi yang satu ini. Dengan ilmu dan pengetahuan yang matang, investasi juga akan semakin aman dan juga lancar dilakukan.

Bagi Anda yang ingin menjalankan investasi di bidang pertanian ataupun perkebunan, bisa segera menghubungi solusi investasi dan agro bisnis dari solusiagro.

Kami siap membantu Anda dalam melakukan investasi di bidang pertanian melalui pelayanan yang ramah dan juga maksimal. Segera hubungi kami melalui kontak resmi yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Tutup