Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, 55571 | +6281804263338
Permasalahan Hama Kepik Hijau dan Cara Membasminya

Permasalahan Hama Kepik Hijau dan Cara Membasminya

Kepik hijau menjadi salah satu jenis hama tanaman yang dapat menganggu budidaya tanaman. Adapun pengertian hama sendiri adalah organisme yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan berbagai jenis tanaman. Permasalahan mengenai hama sendiri banyak dikeluhkan oleh petani di berbagai wilayah sampai sekarang.

Adapun jenis tanaman yang diserang oleh hama kepik yang satu ini antara lain adalah tanaman kapas, kedelai, kacang panjang, kacang hijau, jagung, kentang, tembakau dan jenis tanaman yang lainnya.

Apa itu Kepik Hijau

Apa itu Kepik Hijau

Jenis kepik yang satu ini memiliki nama latin Nezara Viridula yang dikenal sebagai hama polifag karena menyerang beberapa jenis tanaman. Hama yang satu ini seringkali merusak polong ataupun biji tanaman dengan cara menghisap cairan pada tanaman. Tidak heran jika hama ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan kualitas biji tanaman yang dihasilkan.

Kepik yang satu ini mampu berkembang biak dengan baik saat ada banyak makanan. Sedangkan ketika makanan langka, kepik akan bersembunyi di tanaman inang yang berupa gulma di lahan. Namun ketika budidaya tanaman pangan mulai dilakukan, kepik akan mulai menyerbu tanaman tersebut.

Kepik yang sudah dewasa biasanya berwarna hijau merata di bagian tubuh atau terkadang berwarna kuning di bagian kepala hewan. Sedangkan bentuk tubuhnya adalah segilima seperti perisai dengan panjang sekitar 1 sampai dengan 1.5 cm. Kepik biasanya akan meletakkan telur di bagian bawah daun secara berkelompok.

Ciri-ciri Tanaman yang Diserang Kepik Hijau

Ciri-ciri Tanaman yang Diserang Kepik Hijau

Ada baiknya bagi petani untuk tahu gejala apa saja yang bisa ditemukan saat jenis kepik ini menyerang. Dengan demikian, petani juga bisa melakukan pengendalian secara tepat sesuai dengan jenis hamanya.

Adapun gejala tanaman yang diserang kepik sendiri adalah polong atau biji yang menjadi kosong akibat dihisap oleh hama. Sedangkan pada polong yang tua, bijinya bisa saja keriput dan berbintik-bintik hitam sebelum akhirnya menjadi busuk. Lantas bagaimana cara mengatasi serangan dari kepik ini?

Cara Mengatasi dan Menanggulangi Kepik Hijau

Cara Mengatasi dan Menanggulangi Kepik Hijau

Ada beberapa cara mengatasi dan menanggulangi serangan kepik yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kepik yang bisa dilakukan :

  • Membersihkan gulma => Anda bisa membersihkan gulma yang terlihat di ladang yang hendak di tanami. Anda bisa melakukan sanitasi terlebih dahulu agar tanaman inang liar bagi kepik bisa dihilangkan
  • Menggunakan pestisida => Akan lebih baik jika petani menggunakan pestisida hayati dan nabati terlebih dahulu. Namun jika belum berhasil, anda juga bisa menggunakan pestisida berbahan aktif dengan memperhatikan kandungan di dalamnya. Sesuaikan penggunaan dengan takaran yang dianjurkan pada kemasan produk
  • Penggiliran tanaman => Anda bisa melakukan penanaman serendak dan gilir tanaman dengan jenis tanaman yang bukan inang

Kepik hijau merupakan salah satu jenis kepik yang menganggu. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, kepik juga akan merugikan petani karena penurunan kualitas dan juga kuantitas hasil panen yang terjadi. Selain tips di atas, petani juga dihimbau untuk melakukan pengamatan hama sedini mungkin agar gejala tidak semakin parah.

Apakah anda berminat dalam melakukan investasi di bidang pertanian dan perkebunan? Jika iya, anda bisa menghubugi kami, solusi investasi dan agro bisnis dari solusiagro. Kami siap diajak kerja sama dalam meningkatkan potensi kesuksesan investasi di masa depan. Silahkan hubungi kami melalui salah satu pilihan kontak resmi yang kami sediakan.

Tinggalkan Balasan

Tutup