Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, 55571 | +6281804263338
14 Keuntungan Melakukan Investasi Pada Sektor Pangan Pertanian dan Perkebunan

14 Keuntungan Melakukan Investasi Pada Sektor Pangan Pertanian dan Perkebunan

Ada banyak manfaat investasi pertanian yang bisa didapatkan bagi Anda yang memilih jenis investasi satu ini. Investasi pertanian sendiri sangat didukung oleh kondisi wilayah dan juga cuaca di Indonesia. Indonesia cocok dijadikan sebagai lokasi  untuk budidaya berbagai jenis tumbuhan, termasuk juga tumbuhan pangan.

Bagi Anda yang tengah bingung memilih bidang investasi, maka berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari investasi pertanian berikut ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan :

1. Pilih Sendiri Jangka Waktunya

menentukan jangka waktu

Tersedia 2 jenis pilihan investasi yaitu untuk jangka pendek dan juga jangka panjang. Perbedaan keduanya bisa dilihat dari segi waktu dan juga dari besaran keuntungannya.

Untuk jangka pendek, investasi ini bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu lebih singkat, namun lebih sedikit keuntungannya jika dibandingkan melakukan investasi jangka panjang.

2. Menjaga Ketahanan Pangan Negara

ketahanan pangan

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air. Semakin banyak jumlah penduduknya, maka semakin banyak juga kebutuhan pangan yang harus dicukupi. Produk pangan dalam negeri sendiri bisa dicukupi jika ada produk pertanian yang diproduksi.

Dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam mendukung sektor pertanian entah dari segi pengerjaan hingga pendanaan. Dengan demikian, ketahanan pangan juga akan lebih tercukupi.

3. Mengurangi Pengangguran

mengurangi pengangguran

Ada banyak orang yang masih menganggur di Indonesia. Tanpa adanya lapangan pekerjaan yang memadai, banyak tenaga kerja yang kurang terserap secara maksimal. Berbeda jika ada banyak orang yang mengalokasikan dananya untuk kepentingan investasi pertanian.

Semakin banyak investasi pertanian dilakukan, maka semakin besar pula investasi tersebut menciptakan lapangan pekerjaan. Alhasil, banyak tenaga kerja akan dibutuhkan untuk mengurusi berbagai pekerjaan yang dibuthkan pada sektor ini.

4. Modal Lebih Aman

manfaat investasi pertanian

Modal yang aman dalam investasi pertanian juga disertai dengan risiko yang rendah. Investasi yang satu ini bisa dijadikan sebagai solusi bagi Anda yang menginginkan investasi aman di berbagai situasi. Investasi prtanian mampu melindungi modal secara kuat dan dalam waktu yang lama dibandingkan jenis investasi yang lain.

5. Bisa Memprediksi Keuntungannya

manfaat investasi pertanian

Sebagai contohnya adalah saat Anda memutuskan untuk berinvetasi pada pertanian jenis produk pangan. Dalam hal ini, Anda bisa memprediksi kapan waktu panen bisa dilakukan dan seberapa banyak keuntungan yang sekiranya akan didapatkan.

Meski demikian, keuntungan dari produk pertanian bisa berubah-ubah tergantung pada jenis tanaman yang dibudidayakan.

6. Pasaran yang Luas

pasar luas

Anda bisa membidik target pasaran sesuai dengan jenis produk yang dihasilkan. Selain di distribusikan ke berbagai daerah yang ada di dalam negeri, produk pertanian juga bisa diekspor untuk meningkatkan keuntungan.

Hal yang harus diperhatikan adalah produk untuk keperluan ekspor tent harus berkualitas baik agar bisa bersaing dengan jenis produk dari negara lain.

7. Banyak Mitra Tani

manfaat investasi pertanian

Tidak perlu kebingungan dalam mencari mitra tani, karena ada banyak mitra tani di dalam negeri. Untuk melakukan investasi yang sehat, maka investasi sebaiknya dibuat agar bisa saling menguntungkan bagi pihak lain yang terlibat di dalam investasi yang Anda lakukan.

Untuk memilih mitra tani yang bisa diajak bekerja sama dengan baik, Anda bisa melakukan pengecekan profil secara teliti. Pastikan jika mitra tani yang Anda ajak kerjasama memiliki kemampuan yang baik dalam mengolah lahan atau pekerjaan lain sesuai dengan bidang investasi yang dijalankan.

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan jika investasi bidang pertanian juga akan lebih membantu terjadinya pemberdayaan petani.

8. Dukungan yang Baik dari Pemerintah

bantuan pemerintah

Ada banyak manfaat investasi pertanian yang bisa didapatkan oleh para investor. Selain untuk mencukupi ketahanan pangan dalam negeri, investasi pertanian juga bisa jadi solusi dalam mengurangi angka pengangguran, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya keunggulan investasi di bidang ini, tidak heran jika pemerintah memberikan dukungan terhadap para investor.

9. Selalu Dibutuhkan

manfaat investasi pertanian

Investasi di bidang pertanian menghasilkan banyak produk pangan yang dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Tidak heran jika melakukan invetasi di bidang pertanian sangat aman untuk dilakukan.

Pangan sendiri merupakan kebutuhan utama bagi manusia yang dikonsumsi setiap harinya. Manusia bisa menahan diri untuk tidak membeli barang yang lain, namun tidak bisa menahan diri untuk tidak makan. Makan merupakan sumber energi dan juga nutrisi untuk manusia bertahan hidup.

1o. Meningkatkan Perekonomian Negara

ekonomi negara naik

Jika produk yang dihasilkan mampu menjadi salah satu produk ekspor, maka bukan hanya pelaku usaha saja yang diuntungkan, karena negara juga akan mendapatkan keuntungan. Semakin tinggi nilai ekspor suatu produk, maka semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan oleh banyak pihak.

Namun tidak semua jenis produk pertanian bisa masuk ke pasar internasional, mengingat persaingan yang begitu ketat. Inilah kenapa, kualitas produk harus diperhatikan dengan betul agar produk bisa diterima oleh pasar internasional. Selain itu, pastikan jika produk selalu ada untuk memenuhi permintaan dari pasar luar.

11. Penghasilan yang Stabil

manfaat investasi pertanian

Investasi yang dilakukan di bidang pertanian juga menguntungkan karena tanah pertanian yang bisa ditumbuhi berbagai produk pertanian. Selesai masa panen, Anda juga bisa menggunakannya untuk kembali melakukan budidaya tanaman pangan atau jenis tanaman yang lain.

Jika diolah dengan baik dan benar, tanah bisa digunakan untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka waktu lama dan tidak pernah habis.

12. Banyak Produk Investasinya

produk investasi

Pilih sendiri produk investasi yang Anda inginkan. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan ketersediaan modal yang ada. Sebelum menentukan jenis investasi yang dipilih, ada baiknya untuk mencari tahu dulu kelebihan dan kelemahan dari masing-masing jenis investasi.

Anda bisa belajar dulu, baik dari majalah, dari ahlinya, media online atau sumber pembelajaran lain yang bisa diandalkan.

13. Kondisi Indonesia yang Mendukung

tanah subur indonesia

Indonesia memiliki jenis tanah yang subur dan bisa mendukung berbagai jenis budidaya tanaman dengan baik. Jika tanah tersebut diolah dengan baik, maka bukan tidak mungkin jika Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari hasil panen yang berlimpah.

Anda tinggal sesuaikan sendiri musim tanaman yang sedang berlaku untuk hasil yang maksimal. Beberapa tanaman hanya bisa tumbuh subur di musim tertentu.

14. Keuntungan yang Tinggi

profit naik

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari investasi pertanian yang terbukti banyak memberikan keunggulan dibandingkan investasi aset yang lain.

Dengan banyaknya manfaat investasi pertanian di atas, maka tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan jenis investasi yang satu ini. Tidak perlu khawatir karena jenis investasi yang satu ini bisa dilakukan dengan modal yang kecil sekalipun.

Bagi Anda yang berminat melakukan investasi dan memulai bisnis di bidang pertanian bisa segera menghubungi kami. Kami merupakan solusi investasi dan agro bisnis dari solusiagro yang bisa diajak kerja sama dalam melakukan investasi di bidang pertanian. Hubungi kami segera untuk informasi yang lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Tutup