Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, 55571 | +6281804263338
Permasalahan Hama Penggerek Tanaman Padi dan Cara Membasminya

Permasalahan Hama Penggerek Tanaman Padi dan Cara Membasminya

Penggerek batang padi merupakan salah satu jenis hama tanaman yang sangat menganggu. Hama yang satu ini seringkali menyerang tanaman padi dan membuat produksinya menjadi menurun. Sebelum membahas secara lebih jauh mengenai hama ini, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mengetahui pengertian hama terlebih dahulu.

Hama adalah organisme yang menginfeksi ataupun menyerang tanaman padi dan merugikan petani. Hal ini dikarenakan, hama tidak hanya merusak tanaman, namun juga membuat produksi tanaman menurun hingga meningkatkan terjadinya gagal panen.

Apa Itu Penggerek Batang Padi

Apa Itu Penggerek Batang Padi

Jenis hama yang memiliki nama latin scirpophaga innotata ini menyerang pada semua fase pertumbuhan tanaman padi. Tidak heran jika hama ini seringkali dianggap sebagai hama yang sangat menganggu. Hama ini memiliki sayap dengan warna kuning dan titik hitam di bagian sayap depannya. Panjang hama sekitar 14 mm untuk yang jantan dan betina sekitar 17 mm.

Hama yang satu ini akan meletakkan telur secara berkelompok yang kemudian diletakkan di daun pada ujungnya. Adapun jumlah telur yang dihasilkan antara 50 sampai dengan 150 butir per kelompok. Telur dari hama ini kan ditutupi dengan rambut halus yang berwarna coklat.

Ciri-ciri Tanaman yang Diserang penggerek Batang Padi

Ciri-ciri Tanaman yang Diserang penggerek Batang Padi

Lantas dari mana petani bisa tahu jika hama ini tengah mengganggu pertumbuhan dan perkembangan budidaya padi? Caranya adalah dengan mengamati gejala yang muncul. Pada fase vegetatif akan ditemukan ulat yang akan memotong bagian tengah anakan tanaman dan menyebabkan pucuk menjadi layu.

Serangan di masa vegetatif menyebabkan kerugian tidak terlalu besar karena tanaman masih bisa tumbuh kembali. Dalam hal ini, kerusakan yang lebih besar bisa segera ditangani dengan mengendalikan hama serta melakukan pemupukan.

Cara Mengatasi dan Menanggulangi Penggerek Batang Padi

Cara Mengatasi dan Menanggulangi Penggerek Batang Padi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa petani lakukan untuk membasmi hama yang satu ini  :

  • Mengatur pola tanam => Bisa dilakukan dengan cara menggilir tanaman dengan tanaman yang bukan padi. Hal ini dilakukan untuk memutus siklus hidup dari hama tanaman yang satu ini
  • Pengendalian secara fisik dan mekanik => Caranya adalah dengan melakukan penyabitan tanaman serendah mungkin saat panen atau saat lahan disingkal. Cara yang satu ini juga bisa diikuti dengan membuat genangan air sampai dengan 10 cm supaya jeraminya cepat membusuk. Dengan demikian, larva dari hama juga akan mati
  • Pengendalian hayati => Caranya adalah dengan memanfaatkan berbagai musuh hama, entah dari predator, pathogen, ataupun parasitoid
  • Pengendalian secara kimiawi => Caranya adalah dengan mengaplikasikan insektisida sistemik. Pastikan penggunaannya dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan porsinya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di masa depan

Dengan melakukan beberapa cara di atas, maka hama tanaman padi yang berupa penggerek batang padi juga bisa dihilangkan. Selain itu, pastikan untuk melakukan pengecekan secara rutin untuk menghindari datangnya hama yang lainnya. Pembasmian dan pengendalian hama di awal, menghindarikan petani dari kerugian yang lebih besar.

Apakah anda berminat dalam melakukan investasi di bidang pertanian dan juga perkebunan? Jika iya, anda bisa menghubugi kami, solusi investasi dan agro bisnis dari solusiagro. kami siap membantu anda dalam meningkatkan kesuksesan investasi yang dilakukan. Segera hubungi kami melalui salah satu pilihan kontak yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Tutup